Senin, 09 Agustus 2010

Pemilukada Ulang Gresik 2010: Hindari Konvoi Kemenangan

COBLOS ulang di sembilan kecamatan di Gresik berlangsung aman kemarin (8/8). Kekhawatiran sejumlah pihak akan terjadinya kerusuhan tidak terbukti. Untuk memastikan keamanan selama pencoblosan ulang, Kapolda Jatim Irjen Pol Pratiknyo memantau situasi.
Semeru Satu -sebutan lain Kapolda Jatim- itu selama dua hari, mulai Sabtu (7/8), sudah blusukan ke sejumlah kecamatan di Kota Giri. Pada Sabtu Kapolda memantau kondisi keamanan di perkotaan. Pada hari H pencoblosan, Pratiknyo mengunjungi tiga tempat pemungutan suara (TPS) 1 dan 5 di Desa Cangkir serta TPS 2 di Desa Karangandong. Semuanya di Kecamatan Driyorejo.
Pratiknyo meminta anak buahnya tetap menjaga pelaksanaan pengamanan dengan humanis serta peka dalam menyikapi perkembangan setiap waktu. "Jaga situasi keamanan supaya tetap kondusif," ujar Pratiknyo.
Kapolres Gresik AKBP Jakub Prajogo mengatakan, siapa pun pemenang dalam pilbup ulang tersebut harus menjaga keamanan dan ketertiban. Mantan Kapolres Magetan itu juga meminta kepada pemenang pilbup ulang untuk tetap menjaga perasaan yang lain. Misalnya, merayakan kemenangan tidak dengan konvoi kendaraan bermotor. "Akan lebih baik merayakan kemenangan dengan cara lebih santun, melakukan kegiatan keagamaan," ujar alumnus Akpol 1990 itu.
Di sisi lain kemenangan sementara yang diraih calon bupati (cabup) Sambari Halim Radianto langsung disyukuri para pendukungnya. Sekitar pukul 20.15 kemarin (8/8) malam puluhan pendukung cabup yang berpasangan dengan Mohammad Qosim itu melaksanakan sujud syukur.
Ungkapan syukur dilakukan di halaman belakang rumah Sambari di Jalan Awikoen, Kelurahan Gending, Kecamatan Kebomas, dipimpin Nur Muhammad, tokoh agama asli Gresik. Puluhan perempuan pendukung pasangan yang diusung Partai Golkar dan PKPI ini sudah berkumpul usai Magrib. Mengenakan baju batik, Sambari didampingi istrinya ikut sujud syukur. "Makasih, dukungannya," ujar Ketua DPD Partai Golkar Gresik kepada para pendukungnya. (yad/ami)
Sumber ; Jawa Pos_Metropolis [ Senin, 09 Agustus 2010 ]
http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=149404

Tidak ada komentar:

Posting Komentar