Selasa, 03 Agustus 2010

Mengenalkan Dasar Robotika

GRESIK - Perkembangan teknologi adalah sebuah keniscayaan. Karena itu, memperkenalkan dasar-dasar teknologi secara dini kepada anak-anak penting.
Berdasar pemikiran itulah, SD Muhammadiyah Gresik Kota Baru (GKB) memberikan pengetahuan dan praktik dasar robotika kepada para siswanya. Teknologi robotika memang belum masuk kurikulum utama, namun diberikan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler.
Kepala SD Muhammadiyah GKB Ichwan Arif mengatakan, kelas robotika lebih ditekankan pada pengembangan wawasan siswa tentang dunia robot. "Penekanannya lebih kami arahkan dalam bentuk aplikasi menggunakan alat dan bahan barang bekas," ujar Arif kemarin (2/8).
Karena itu, bahan-bahan pembuatan robot berasal dari barang-barang bekas. Seperti yang ditunjukkan kemarin. Nevinda -salah seorang siswa kelas V-terlihat serius merangkai compact disk (CD) bekas, stik es krim, dan rangkaian barang elektronik lainnya.
Ketika rangkaian itu berbentuk mirip traktor dan bisa berjalan, dia pun langsung bersorak. "Pak, robotnya sudah bisa jalan," teriaknya kepada guru pembimbing. Merakit robot adalah salah satu ekstrakurikuler akademis di sekolah tersebut. Selain itu, ada English Club, mathematic, dan Al Islam. Arif mengatakan, kemampuan life skill menjadi target utama dalam pembelajaran. (yad/c10/ruk)

Sumber: http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=148409
Jawa Pos_Metropolis [ Selasa, 03 Agustus 2010 ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar