Jumat, 27 Agustus 2010

Pelantikan Bupati Gresik Terpilih 2010 Dipastikan Molor

GRESIK - KPU (Komisi Pemilihan Umum) Gresik memang sudah menjadwalkan pelantikan pasangan Sambari Halim-Mohammad Qosim (SQ) sebagai bupati-wakil bupati terpilih Gresik periode 2010-2015 pada 31 Agustus mendatang. Namun, rupanya jadwal tersebut tidak bisa terpenuhi dan tanggal pelantikan bakal molor.
Penyebabnya, setelah putusan MK dua hari lalu, hingga kemarin (26/8) belum ada agenda apa pun perihal kelanjutan tahap pilbup yang dilakukan KPU Gresik. Belum lagi, DPRD dipastikan tidak akan menggelar rapat pengesahan hasil coblosan sebelum 31 Agustus.
DPRD Gresik sudah memastikan bahwa seluruh agenda kedewanan bakal dihentikan hingga 31 Agustus. Maklum, sejak 26 Agustus lalu, mereka tengah reses. ''Karena itu, sebaiknya kita realistis saja. 31 Agustus tidak mungkin nututi,'' kata Wakil Ketua DPRD Gresik Susianto kemarin.
Menurut Susianto, ada beberapa tahap lagi yang masih membutuhkan waktu panjang. Soal surat keputusan (SK) penetapan bupati-wakil bupati terpilih, hingga kemarin KPU belum menetapkan dan menyerahkan kepada dewan.
Kalaupun nanti KPU menyelesaikan SK itu sebelum 31 Agustus, dewan tidak bisa langsung mengirimkan ke gubernur untuk dibawa ke Mendagri. Sebab, sebelum 31 Agustus, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Gresik tengah reses. Karena itu, hingga awal September nanti agenda kedewanan di-pending.
Padahal, sebelum SK penetapan bupati-wakil bupati terpilih itu diserahkan ke KPU, ada beberapa tahap yang harus dilakukan dewan. Salah satu di antaranya, pengesahan SK penetapan bupati-wakil bupati terpilih harus mendapat persetujuan dari DPRD dalam rapat paripurna. Setelah itu, baru ditetapkan usul pelantikan.
Padahal, untuk menjadwalkan rapat paripurna, dewan harus menggelar rapat banmus (badan musyawarah) terlebih dahulu untuk menjadwalkan agenda paripurna. ''Karena itu, paling cepat baru bisa dilakukan 2-5 September,'' katanya. (ris/c4/ruk)
Jawa Pos_Metropolis [Jum’at 27 Agustus 2010]
http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=152457

Tidak ada komentar:

Posting Komentar