Sabtu, 14 Agustus 2010

Pemilukada Gresik 2010 : “Kecewa, Petinggi Pemkab Tak Hadir”

ADA yang berbeda dalam rapat terbuka penghitungan manual hasil coblosan ulang yang digelar KPU kemarin jika dibandingkan dengan penghitungan manual hasil coblosan 26 Mei lalu. Tidak seorang pun pejabat Pemkab Gresik hadir dalam acara tersebut. Padahal, saat penghitungan manual coblosan 26 Mei lalu, mereka hadir lengkap.
Saat itu penghitungan dimenangi pasangan Husnul Khuluq-Musyaffa' Noer (Humas). Kemarin, saat penghitungan manual dimenangi pasangan Sambari Halim-Mohammad Qosim (SQ), tidak seorang pun pejabat pemkab hadir. Di antara enam jajaran muspida yang diundang, hanya dua yang hadir. Mereka adalah Kapolres dan komandan kodim.
Ketidakhadiran para petinggi Pemkab Gresik tersebut menimbulkan rasan-rasan bahwa mereka kecewa karena jagonya (Humas) kalah. Situasi itu memperkuat dugaan bahwa selama ini pemkab memang menjagokan Humas untuk meneruskan ''dinasti'' Robbach Ma'sum.
Dukungan pejabat pemkab terhadap Humas -meski dibantah- tidak bisa disembunyikan. Bupati Robbach bahkan sempat mengajukan izin cuti ke gubernur Jawa Timur untuk berkampanye bagi pasangan Humas. Namun, izin tersebut ditolak.
Tengara bahwa pejabat pemkab mendukung Humas diperkuat dengan putusan MK yang memerintahkan coblosan ulang. Dasarnya adalah keterlibatan para aparat pemkab untuk memenangkan salah satu calon yang dinilai sudah terstruktur, sistematis, dan masif.
Menurut kabar yang beredar, tak adanya pejabat pemkab dalam acara rekapitulasi kemarin 12 Agustus 2010 tak lepas dari kekecewaan mereka terhadap hasil coblosan ulang. "Wajarlah Mas banyak yang gak datang," kata salah seorang pejabat pemkab yang ogah namanya disebut.
Demikian pula halnya dengan wakil dari DPRD Gresik, tak satu pun hadir. Kalaupun ada, mereka datang dengan status sebagai tim sukses salah satu kandidat.
Anggota KPU Gresik Abdul Basid enggan mengomentari ketidakhadiran pejabat pemkab dalam agenda rekap kemarin. "Yang jelas, semua undangan sudah kami sebar. Soal hadir tidaknya, itu bukan urusan kami," ujarnya singkat. (ris/c3/ruk)
Jawa Pos_Metropolis [ Jum’at, 13 Agustus 2010 ]
http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=150090

Tidak ada komentar:

Posting Komentar