Selasa, 07 September 2010

Tradisi Gresik Menjelang Idul Fithri Lelang Bandeng

GRESIK - Pemkab Gresik kembali mengadakan tradisi lelang bandeng. Semula, tradisi tahunan itu dijadwalkan berlangsung rabu besok (8/9). Karena berkaitan dengan penetapan Idul Fitri, pelaksanaan lelang bandeng dimajukan hari ini selasa (7/9).
Ada enam bandeng kawak (besar, Red) yang bakal dilelang dalam budaya tahunan menjelang akhir Ramadan itu. Belum diketahui besar dan beratnya bandeng kawak yang bakal dilelang tersebut. ''Bandeng-bandeng itu masih belum dientas pemiliknya,'' jelas Syamsul Arifin, panitia Lelang Bandeng Gresik, kemarin (6/9).
Bandeng kawak yang bakal dilelang tahun ini adalah milik Sirajul Munir. yang merupakan petambak asli Desa Tanjung Wedero, Kecamatan Bungah. Selama ini, Tanjung Wedero dikenal sebagai daerah Pulau Mengare, yaitu penghasil bandeng terbesar dengan kualitas terbaik Gresik. Sementara itu, bandeng maskot yang bakal dilelang adalah milik Askur, petambak asal Kecamatan Ujungpangkah.
Lelang bandeng tersebut juga dimeriahkan pasar bandeng di sepanjang Jalan H Samanhudi, depan Pasar Gresik. Ratusan pedagang bandeng akan menggelar dagangannya di sana. (yad/c5/ruk)
Jawa Pos_Metropolis [ Selasa, 07 September 2010 ]
http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=154158

Tidak ada komentar:

Posting Komentar