Senin, 20 September 2010

Potensi Wisata Delegan Belum Tergarap

GRESIK - Pantai Delegan di Gresik Utara sebenarnya menyimpan potensi wisata. Itu terbukti dari membeludaknya pengunjung pada beberapa hari terakhir masa libur Lebaran. Sayang, promosinya kurang sehingga perkembangan Pantai Delegan sebagai tujuan wisata kurang optimal.
Kekurangan tersebut terlihat dari persentase pengunjung yang masih didominasi warga Gresik. Warga luar Gresik masih jarang yang datang ke sana. Belum banyak yang mengetahui pantai yang masuk wilayah Kecamatan Panceng itu.
Berdasar data pengelola Pantai Delegan, selama libur Lebaran (10-19 September) jumlah pengunjung pantai itu mencapai 52 ribu orang. Sekitar 70 persennya merupakan warga asli Gresik. "Untuk pengunjung luar kota agak jarang, Mas," kata Kepala Desa Delegan Muzarodin.
Kalaupun ada pengunjung luar kota, jumlahnya tidak terlalu besar. Selama Lebaran, Delegan sebenarnya juga dikunjungi wisatawan luar negeri. "Tapi, ya itu tadi, Mas. Masih sangat minim," kata Muzarodin.
Sebenarnya, penambahan berbagai fasilitas sudah dilakukan pengelola pantai tersebut. Mulai selancar tali atau dikenal dengan nama flying fox dan dayung dengan perahu kano. "Terus terang, semua kami lakukan sendiri. Sejauh ini belum ada perhatian serius dari pemerintah. Karena itu, semua harus swadaya," ungkap Muzarodin.
Pada Lebaran kali ini, pengunjung Pantai Delegan memang membeludak. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pengunjung pantai tersebut diperkirakan naik sekitar lima persen.
Kondisi itu cukup beralasan. Sebab, di Gresik tidak banyak objek wisata yang bisa dijadikan sarana rekreasi. Karena itu, Pantai Delegan hingga kini masih jadi salah satu tempat favorit warga lokal untuk berlibur. (ris/c13/ruk)
Jawa Pos_Metropolis [ Senin, 20 September 2010 ]
http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=155849

Tidak ada komentar:

Posting Komentar