Rabu, 22 September 2010

Gresik 2010 : Defisit Anggaran Membengkak

DI sisi lain, penambahan beberapa anggaran dalam P-APBD itu memperbesar defisit APBD 2010. Sebelum pembahasan, defisit anggaran yang ditetapkan dalam rancangan P-APBD 2010 sebesar Rp 34,2 miliar.
Setelah pembahasan antara banggar dan tim anggaran pemkab, angka defisit bertambah menjadi Rp 4,6 miliar. Tambahan defisit itu tidak lepas dari jomplangnya tambahan pendapatan daerah jika dibandingkan dengan tambahan belanja daerah.
Menurut hasil pembahasan antara banggar dan tim anggaran, memang terjadi beberapa revisi. Untuk pos pendapatan, misalnya, terjadi penambahan Rp 3,4 miliar. Kenaikan itu terjadi di beberapa pos. Di antaranya, di dinas perhubungan (dishub), dinas PU, dinas kependudukan, serta beberapa penagihan piutang pemda kepada pihak ketiga.
Namun, juga berdasar hasil pembahasan itu, terjadi penambahan belanja senilai Rp 8,05 miliar. Jika ditotal, hasil pembahasan tersebut menghasilkan defisit Rp 4,6 miliar.
Persoalan defisit anggaran di pemkab sebenarnya sudah menjadi sorotan. Sebab, saat pendapatan daerah belum bisa maksimal, pengeluaran daerah lumayan tinggi. Yang jadi sorotan, pembengkakan belanja daerah itu didominasi kebutuhan belanja pegawai. Di sisi lain, banyak belanja yang berkaitan dengan publik malah dikepras. (ris/c13/ruk)
Jawa Pos_Metropolis [ Selasa, 21 September 2010 ]
http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=156022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar