Kamis, 23 September 2010

Konfercab PCNU Gresik Mulai Terasa Nuansa Politik

GRESIK - Tiga hari menjelang Konferensi Cabang (Konfercab) PCNU Gresik, persaingan perebutan kursi pimpinan PCNU periode 2010-2015 makin hangat. Beragam isu seputar pemilihan (terutama ketua tanfidziyah) mulai beredar.
Nuansa kepentingan politik di balik bursa rais syuriah dan ketua dewan tanfidziyah mulai mencuat. Menguatnya dugaan itu terjadi setelah beberapa parpol dikabarkan masuk dalam persaingan bursa.
Yang terang-terangan adalah PKB. Parpol yang memang dikenal sebagai partai yang dilahirkan NU tersebut mengklaim sudah memiliki kandidat tersendiri. "Sebagai anak kandung, PKB bertanggung jawab untuk mencarikan figur yang layak memimpin organisasi ini," kata Wakil Ketua DPC PKB Chumaidi Maun kemarin (22/9).
Bahkan, politikus itu terang-terangan menyebut bahwa PKB sudah menyiapkan beberapa calon untuk duduk di kursi rais syuriah. Menurut dia, rais syuriah dukungan PKB adalah sang incumbent KH Mahfudz Ma'sum. "Untuk ketua dewan tanfidziyah, tentu kami ingin dia berasal dari kader PKB," ungkapnya.
Pernyataan Chumaidi tersebut cukup menarik. Maklum, dalam pelaksanaan konfercab nanti, siapa yang bakal jadi ketua tanfidziyah adalah kandidat yang mendapat restu dari rais syuriah terpilih
Manuver PKB itu tidak lepas dari munculnya kandidat yang dijagokan parpol lain. Bahkan, kabarnya, bursa perebutan kursi ketua PCNU periode 2010-2015 masih ''berbau'' pilbup.
Apalagi, beberapa pengurus NU terang-terangan membeber beragam isu seputar pemilihan (terutama ketua tanfidziyah). "Terus terang, saat ini sudah banyak isu yang kurang pas beredar. Kami cuma berharap, konfercab nanti benar-benar bersih," kata M. Syafik, pengurus MWC NU Kecamatan Dukun. (ris/c12/ruk)
Jawa Pos_Metropolis [ Kamis, 23 September 2010 ]
http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=156447

Tidak ada komentar:

Posting Komentar