Jumat, 12 November 2010

Muhammadiyah Jawa Timur Minta Liburkan 16 Nopember 2010

SURABAYA | SURYA Online - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur meminta kepada pemerintah provinsi untuk meliburkan hari Selasa (16/11/2010), atau bersamaan dengan perayaan Idul Adha sebagaimana ketetapan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Sekretaris PWM Jatim, Nadjib Hamid mengatakan, pihaknya akan menemui Gubernur Jatim Soekarwo untuk memberi masukan agar meliburkan hari Selasa, dan memberikan kesempatan kepada warganya sholat id.
“Kami berharap gubernur bisa memberikan kesempatan itu. Dengan demikian, warga bisa tenang menjalankan sholat id dan tidak dikejar-kejar jam waktu masuk kantor,” ujarnya, Jumat (12/22/2010).
Hanya saja, kata dia, jika gubernur tidak memberikan izin, pihaknya berharap agar jam kantor, khususnya pegawai negeri sipil (PNS), bisa dimundurkan. “Ya minimal satu jam dari hari biasanya. Tapi, agar tidak merugikan pekerjaan, saat pulang kantor juga diundur satu jam. Jadi istilahnya, jam kerja dimundurkan satu jam, baik masuk maupun pulang,” tutur pria yang juga anggota KPU Jatim tersebut.
Di samping itu, pihaknya juga meminta kepada panitia sholat id untuk bisa lebih menggelar sholat lebih pagi dan khotbah atau ceramahnya dipersingkat.
Harapannya, lanjut dia, bisa memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bekerja karena tidak mendapatkan jam libur. Selain itu, para siswa yang bersekolah di negeri bisa bersekolah seperti hari biasanya.
“Kalau Pemprov Jatim tidak meliburkan, artinya Selasa tetap masuk. Baik pegawai maupun para siswa tetap menjalankan aktivitasnya. Karena itu kami harap pemerintah bisa bertoleransi dan memberikan kesempatan untuk sholat id terlebih dahulu,” papar Nadjib.
“Kalau penyembelihan hewan qurban kan bisa dilakukan besoknya, atau lusa. Sebab dalam Islam diperbolehkan menyembelih hewan qurban pada Hari Tasyrik, atau tiga hari setelah hari raya,” katanya.
Seperti diketahui, Idul Adha tahun ini, Muhammadiyah dan pemerintah menetapkan waktu yang berbeda. Jika Muhammadiyah memastikan Idul Adha jatuh pada Selasa (16/11/2010), pemerintah menetapkan Rabu (17/11/2010).
Surya Online Jumat, 12 Nopember 2010 | 10:56 WIB
http://www.surya.co.id/2010/11/12/muhammadiyah-minta-pemerintah-liburkan-16-november.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar