Sabtu, 13 November 2010

Hujan Tahun 2010 Ganggu Normalisasi Waduk di Gresik

Gresik - Surya- Perubahan cuaca yang sangat ekstrim belakangan ini, membuat rencana normalisasi puluhan waduk atau embung di wilayah Kabupaten Gresik, dihentikan sementara. Bila cuaca masih sering hujan, dikhawatirkan tahun depan penampungan air tidak maksimal.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tugas Husni Syarwanta mengakui, saat ini memang terjadi pendangkalan di sejumlah waduk. Sebab sampai saat ini, rencana normalisasi belum bisa dilakukan karena terganggu curah hujan. “Terpaksa normalisasi kami hentikan sementara, karena hujan cukup deras dan mengganggu kerja normalisasi oleh eskavator,” ujar Tugas, kemarin.
Waduk tadah hujan yang saat ini terjadi pendangkalan dan diprioritaskan untuk normalisasi, tersebar di 16 kecamatan. Yakni, Kecamatan Cerme 2 waduk, Wringinanom 2 waduk, Dukun 4 waduk, Panceng 1 waduk, Duduksampeyan 2 waduk, Balongpanggang 5 waduk, Driyorejo 2 waduk, Menganti 4 waduk, Kedamaian 1 waduk, Kecamatan Benjeng 1 waduk.
Saat ini, DPU sedang melakukan pengerukan sekitar 26 waduk yang menjadi skala perioritas untuk pengairan pertanian dari 100 waduk yang ada di Kabupaten Gresik. Untuk normalisai saluran irigasi kurang lebih 10 kilometer, dengan anggaran Rp 3,7 miliar.
Sedangkan untuk normalisasi avur (pembuangan) berada di 13 lokasi lokasi dengan angaran Rp 2 miliar. Dengan demikian total anggaran sekitar Rp13 miliar untuk normalisasi. “Sebelumnya mencapai Rp 23 miliar, karena tahun ini anggaran banyak tersedot anggaran untuk pilkada,” ujar Tugas.
Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Gresik mengatakan, bila pihaknya tetap berharap supaya DPU melakukan normalisasi. Karena bila dilakukan penundaan, dikahawtirkan tidak maksimal untuk menyimpan air saat hujan tahun depan.
“Kalau tidak maksimal, kami khawatir akan terjadi musim kemarau lebih cepat. Dan bias-bisa musim kekeringan lebih panjang,” tukasnya. (san)
Surya Online Sabtu, 13 Nopember 2010 | 07:04 WIB
http://www.surya.co.id/2010/11/13/hujan-ganggu-normalisasi-waduk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar