Rabu, 13 Juli 2011

Nunggak Rp 850 Ribu, Ijasah Ditahan Sekolah

GRESIK | SURYA Online - Gara-gara masih nunggak ke sekolah sebesar Rp 850 ribu, Erissa Partiwi (12) siswa kelas 6 SD Sukomoro 4 Kecamatan Kebomas Gresik Jawa Timur, terpaksa tidak bisa mendaftar ke SMP. Pasalnya, pihak sekolah menahan ijasah Partiwi selama belum bisa melunasi hutang.
Partiwi mengaku, dirinya memang memiliki tanggungan hutang ke sekolah sebesar
Rp 850.000, dengan rincian Rp 350.000 untuk biaya rekreasi, sedangkan yang Rp 500.000 untuk biaya tambahan pelajaran.
Partiwi mengatakan, setelah pengumuman kelulusan wali kelasnya sudah mengumumkan kepada seluruh siswa agar melunasi seluruh tanggungan keuangan di sekolah. “Waktu itu, wali kelas bilang, kalau tidak membayar maka ijasahnya tidak akan dibagikan. Karena memang saya tidak bisa membayar, ya saya diam saja,” ujar Partiwi yang rumahnya persis di depan sekolahnya, di Jl RA Kartini XVI, Selasa (13/7/2011).
Ditanya perasaannya saat ijasahnya tidak diberikan, Partiwi mengaku sangat sedih namun ia menyadari kalau orangtuanya tidak mampu menebusnya. Sebab ayahnya hanya seorang tukang batu lepas, sedangkan ibunya tidak bekerja. “Saya sedih saat lihat teman-teman saya berpakaian SMP, saya cuma ingin melanjutkan sekolah,” ujar Partiwi dengan mata lembab.
Sementara Kasiatun, orang tua Partiwi mengaku pasrah menghadapi kenyataan bahwa anaknya tidak bisa melanjutkan sekolah. Bahkan kakak Partiwi, kata Kasiatun, juga tidak menebus ijasah di sebuah SMP. Selain itu, ada lagi kakak Partiwi lainnya sampai sekarang tidak bisa menebus ijasah sekolah, karena tidak ada biaya.
“Saya sebenarnya tidak tega melihat keinginannya untuk melanjutkan sekolah, namun gimana saya tidak mampu membayar tanggungan kami ke sekolah,” ungkap ibu dari enam anak ini.
Pihak sekolah ketika didatangi, tidak ada yang berani bicara soal ini, Ruang kerja kepala sekolah juga sudah tertutup rapat, sejumlah guru langsung kabur ketika melihat sejumlah wartawan mencoba mendekat. “Maaf mas, saya mau pulang,” alasan sejumlah guru sambil cepat-cepat naik motornya.
Surya Online Rabu, 13 Juli 2011 | 17:28 WIB
http://www.surya.co.id/2011/07/13/nunggak-rp-850-ribu-ijasah-ditahan-sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar