Selasa, 18 Oktober 2011

Pemkab Gresik Sosialisasi Pembangunan Stadion 230 Milyar Mulai Berjalan


GRESIK  SURYA Online - Rencana pembagunan stadion sepakbola oleh Pemkab Gresik berjalan dengan cepat. Jika sebelumnya rencana itu masih terkesan ditutupi, tapi dalam minggu-minggu belakangan ini persiapan pembangunan stadion justru bergulir pesat.
Tidak perlu menunggu waktu terlalu lama setelah penetapan PAPBD 2011, rapat paripurna DPRD Gresik langsung membuat kesimpulan menerima rencana pembangunan stadion dengan nilai Rp 230 miliar. Padahal, saat rapat paripurna digelar proses studi kelayakan rencana pembangunan itu bahkan belum berjalan. Meski sempat diwarnai adu argumen dari berapa anggota Dewan yang berani mengungkap kejanggalan, hasil rapat paripurna pada Jumat (7/10) tetap memuluskan rencana pembangunan stadion dengan penganggaran kegiatan tahun jamak atau multi years.
Untuk memuluskan rencana pembangunan stadion itu, Pemkab melakukan sosialisasi dan mengumumkan rencana penggusuran warga yang tinggal di kawasan lokasi di gunung Lengis. Kabag Pemerintahan Umum Tursilowanto Harijogi. Tursilo mengatakan di lokasi yang rencananya akan dibangun stadion saat ini setidaknya  dihuni 75 KK. Untuk itu pihaknya sudah melakukan pembicaraan pada warga sejak beberapa waktu lalu.
“Kawasan itu mayoritas merupakan tanah pemerintah dan lahan kosong, tapi di sana juga ada beberapa warga yang tinggal tapi kami sudah melakukan sosialisasi,” ujar Tursilo.
Anggota dewan dari F-PKB, H. Abdul Qosir menilai anggota dewan seolah ‘dipaksa’ menyetujui  rencana itu meski minim referensi. Qosir sempat menolak karena alasan belum adanya hasil studi kelayakan sebagai acuan. “Saya menolak tapi kalah suara,” ujarnya.
Dalam draft nota kesepakatan bersama yang diajukan eksekutif, pembangunan stadion direncanakan mulai tahun 2012 hingga 2015. Untuk tahun 2012, dimintakan anggaran sebesar Rp. 50 milyar. Pada tahun 2013 hingga 2015, anggaran yang diminta masing-masing sebesar Rp 60 milyar.
Surya Online Senin, 10 Oktober 2011 | 19:05 WIB
http://www.surya.co.id/2011/10/10/sosialisasi-stadion-230-m-mulai-berjalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar