Kamis, 20 Oktober 2011

Gresik Butuh Rumah Sakit di Kantong Urban Gresik Selatan



Top of Form

Bottom of Form


Gresik (beritajatim.com) - Kebutuhan rumah sakit (RS) di kantong urban di wilayah Gresik Selatan sangat mendesak. Pasalnya, di wilayah tersebut termasuk kantong pekerja mengingat di wilayah Gresik Selatan seperti Kecamatan Driyorejo, Wringin Anom, dan Kedamean masuk ke dalam basis industri menengah dan besar.

"Kebutuhan RS di wilayah Gresik Selatan sangat mendesak karena disana menjadi kantong para pekerja," kata Kepala Dinas Kesehatan Gresik, dr Soegeng Widodo, Minggu (15/05/2011).
Menurut dr.Soegeng Widodo, untuk mewujudkan keberadaan RS di wilayah Gresik Selatan, dibutuhkan kerjasama dengan pihak swasta. Pasalnya, investasi membangun RS butuh anggaran yang tidak sedikit.
Karena itu lanjut dr.Soegeng Widodo, Pemkab Gresik memberi rangsangan berupa kemudahan perizinan bagi investor yang berkeinginan membangun RS di wilayah selatan. "Kemudahan yang diberikan diantaranya dibantu pencarian lahannya," paparnya.
Hal senada juga dikemukakan, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Menurutnya, selama ini jumlah RS yang ada di wilayah urban masih kurang. Tidak hanya di wilayah selatan saja melainkan juga wilayah utara.
"Selama ini masyarakat Gresik yang hendak berobat masih berpusat di RSUD Ibnu Sina. Tapi, dengan beroperasinya rawat inap RS Petrokimia Gresik di Driyorejo masyarakat khususnya pekerja di sekitar Kedamean, dan Wringin Anom bisa memanfaatkan layanan tersebut," ujarnya.
Berdasarkan catatan Disnaker Gresik, jumlah pekerja di wilayah kawasan industri Driyorejo dan Wringin Anom cukup besar hingga mencapai 36 ribu orang. Padahal, rawat inap RS Petrokimia Gresik baru menampung 12 tempat tidur.
Sementara itu, Direktur RS Petrokimia Gresik, dr.Singgih Priyanto menuturkan, tahap awal pembangunan rumah sakit di kawasan Driyorejo memang dikhususkan bagi warga di sekitar. Namun, tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan mengembangkan luasan rumah sakit, termasuk menambah tempat tidur serta fasilitas penunjang kesehatan lainnya.
"Ini khan baru tes pasar. Jika permintaan masyarakat disini besar pada 2012 rawat inap kami akan kembangkan menjadi rumah sakit dengan fasilitas penunjang yang lengkap," pungkasnya. [dny/but]
Sumber : http://beritajatim.com/detailnews.php/11/Pendidikan_&_Kesehatan/2011-05-15/100825/Gresik_Butuh_RS_di_Kantong_Urban
Minggu, 15 Mei 2011 09:28:53 WIB Reporter : Deni Ali Setiono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar