Kamis, 11 Agustus 2011

Pemilukada Ulang Gresik 2010: Kandidat Bambang Suhartono-Abdullah Qonik Bani Tak Terlihat All-Out,

DUGAAN bahwa coblosan ulang Pilbup (pemilihan bupati) Gresik 2010 yang dilakukan 8 Agustus lalu adalah persaingan dua kandidat saja menjadi kenyataan. Meski sesungguhnya ada enam pasangan, dua pasangan yang bersaing ketat -SQ dan Humas- mendominasi perolehan suara.
Dibandingkan dengan coblosan pertama 26 Mei, suara SQ dan Humas meningkat signifikan. Sebaliknya, perolehan suara empat pasangan lainnya menurun signifikan. Suara mereka beralih ke SQ atau Humas.
Pasangan nomor satu Bambang Suhartono-Abdullah Qonik (Bani) yang menyatakan all-out ternyata tidak terbukti di lapangan. Perolehan suara mereka gembos. Dalam coblosan sebelumnya di sembilan kecamatan yang diulang, pasangan itu mendapatkan 62.546. Pada coblosan ulang hanya 3.680 pemilih yang setia memilih pasangan tersebut.
Sementara itu, pendukung calon independen Mujitabah-Suwarno, sepertinya, tidak terlalu terpengaruh dengan persaingan SQ-Humas. Mereka relatif lebih setia dengan pasangan tersebut. Perolehan suara pasangan nomor dua itu turun tidak terlalu signifikan. Sebelumnya, mereka memperoleh 5.046 suara. Dalam coblosan ulang, lebih dari separonya bertahan, yaitu 3.502.
Penurunan drastis terjadi pada pasangan nomor enam M. Sastro Soewito-Samil. Pemilih yang tetap setia memilih pasangan tersebut dalam coblosan ulang tersisa 1.562. Padahal, dalam coblosan pertama, mereka mendapatkan 5.770.
Penurunan besar-besaran itu terjadi mungkin karena sang calon sudah tak acuh dengan coblosan ulang. Bahkan sampai saat ini, keberadaan Sastro sendiri tidak diketahui. Padahal, dia masih berstatus wakil bupati. (c10/ruk)
Jawa Pos_Metropolis [ Selasa, 10 Agustus 2010 ]
http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=149567

Tidak ada komentar:

Posting Komentar